Saturday 14 August 2010

Pelajaran dari Naruto



Berawal dari temen yg dulu mengikuti serial naruto akupun akhirnya ketularan. Dulu aku punya temen yg sering download dan mengikuti setiap episode dan sering sekali dia menonton di dekatku dgn speaker yg lumayan keras untuk bisa kudengar. Dan suatu saat aku ikut nonton. Dan rasanya kok menarik juga filmnya, akhirnya aku ikut2an mengikuti serialnya. Bahkan aku rela download sendiri filmnya.

Awalnya aku hanya sekedar seneng ngikuti seri2nya. Aku hanya tertarik dgn ceritanya belaka tak ada yang lain. Karena memang aku mari lumayan suka dgn film2 sperti itu.

Namun saat aku mengikuti serinya. Rasanya aku menemukan sesuatu yang baru dari sana. Sesuatu yang berbeda dari film2 yang lain. Tak jauh beda dgn upin dan ipin Ternyata begitu banyak pelajaran yg bisa dipetik dari sana.

Tak seperti film2 indonesia yg seolah menyuratkan pelajaran tapi banyak yang menyesatkan. Dan biasanya kalau ada pelajaran dikit2 ditonjolkan, bahkan aku sering merasa itu terlalu berlebihan. Beda dengan film naruto, dalam filmnye menyiratkan sejuta pelajaran yg tanpa kusadari. Dan bagiku yg seperti itu lebih mengena dari pada yg sering memunculkan ceramah, tapi alur ceritanya malah bertentangan dgn ajaran. Yg seperti itu yang aku maksud menyesatkan diawal tadi.

Dah langsung saja hal2 yg bisa kupetik dari film naruto.

Pertama. Dari tokoh utamanya naruto. Jurusnya gak begitu mutu hanya kage bulshin, rasenggan. Kayaknya kalah banyak dgn jurus dari ninja yg lain. Sharingan, byakugan, rinengan, dan jutsu2 keren yg lain. Pemikirannya pun juga masih kalah dgn shikamaru dll. Tapi kalau sudah muncul semangatnya, sampai pain yang menghancurkan konoha, membunuh kedua gurunya, jiraiya dan kakashi akhirnya mampu dia kalahkan. Dan ternyata seperti itulah kekuatan semangat.

Kedua sekolah.
Kalau dulu aku sempat mendengar ada orang yg mengidamkan dan menyatakan sekolah yang baik itu seperti sekolahnya Harry Potr. Karena bangunannya yg terlihat wah. Namun bagiku tak ada yang istimewa dengan sekolah harry potr. Kalau sekolah dipandang bagus hanya dari bangunannya bgiku bulshit. Apakah bangunan bisa lahirkan didikan yang bermutu?

Bagiku di konoha itulah cerminan sekolah yang keren. Selama ini aku belum tahu persis seperti apa bangunan sekolah konoha. Karena biasanya pelajarannya diadakan di alam terbuka. Bukan sekolah yang bagus yg menghasilkan didikan yg bermutu tapi pengajarnya.
Dari sistem pengajarannya, mereka tak pernah meributkan nama bukan hanya berdebat dgn nama KBK ataukah KTSP tapi yang penting prakteknya.
Di konoha menghargai kemampuan personal yang berbeda beda. Jadi pembelajarannyapun juga berbeda sehinggak jurusnya naruto, sakura, sasuke, shikamaru, masing masing unix. Meski sama-sama sekolah di konoha tapi kemampuan masing masing berbeda. Itulah keunggulan konoha bisa memahami kemampuan pribadi muridnya. Beda dgn skolah di Indonesia. Kalau lulusan dari SMA Putus harapan, pasti fokus yg dimiliki juga akan sama.
Mengapa konoha bisa seperti itu? Kita lihat sistem pengajarannya
Guru di konoha biasanya bisa totalitas mengajar murid-muridnya. Kedekatan, perhatian, dan pengertiannya membuat guru bisa menemukan keistimewaan dari murid2nya. Dan itulah istimewanya guru di konoha. Sehingga masing masing bisa fokus dalam bidangnya dan diberi pendidikan sesuai bidangnya.
Dan istimewanya lagi, gurunya bisa mengajarkan jurus yg dia sendiri juga tidak bisa melakukannya. Seperti asuma yg bisa mengajarkan jurus bayangan bada shikamaru. Padahal asuma sendiri tidak bisa melakukannya.

Maaf aku gak pinter menceritakannya. Kalau pngen jelas ikuti sndiri ceritanya.
Yg jelas menurutku sistem pendidikan disana adalah satu sistem yg ideal kalau bisa di terapkan di sini.

Dalam film ini ada organisasi yang bergerak di bidang kejahatan yang disebut akatsuki. Bahkan pain yg sbenarnya berniat membawa perdamaian juga bergabung di dalamnya. Itu karena mastermind bernama tobi alias uciha madara. Dia mampu mengubah kebenciannya terhadap kejahatan malah diperdaya untuk bergabung bersamanya. Dan malahan dia membunuh gurunya sendiri dan menghancurkan konoha. Makanya hati hatilah dengan sifat kebencianmu. Karena tanpa kita sadari mungkin ada yg memanfaatkannya untuk membelokkan jalan kita menuju jalan yang salah.

Dan bagian ini yg membuatku tertarik untuk menulis ini yakni pertarungannya dengan pain. Saat hendak menghancurkan konoha dia menjelaskan mengenai makna kebencian. Orang akan tahu apa makna pain setelah dia merasakannya. Perdamaian itu hanya ada di angan-angan. Orang yang selalu merasakan kasih sayang tak akan tahu makna pain. Dan akhirnya dia menghancurkan konoha. Ketika pain menyampaikan makna perdamaian ala pain. Menurutnya Perdamaian akan dicapai ketika ada yang berkuasa dan ditakuti. Sehingga para akan takut untuk melakukan kejahatan.
Maka dari itu pain berniat untuk menjadi yang paling ditakuti. Dan ingin mengembangkan jurus yg mampu menghancurkan satu negara sekaligus. Jadi ketika ada negara yang memicu perang, maka pain bisa dgn mudah memusnahkannya. Dan saat itu narutopun tak bisa menjawabnya dan pasrah dengan itu. Sampai hinata berusaha dengan sepenuh hati untuk menyelamatkannya sampai2 dia tak peduli dgn keadaannya. Bahkan sampai keluar darah yg dikira naruto itu adalah kematian hinata membuat kebenciannya memuncak dan kyubi mencapai ekor sembilan saat itu. Tapi alaran hinata disensor, (tidak mendidik).
Sebenarnya saya sepakat dengan konsep perdamaian ala pain untuk diterapkan di Indonesia. Demokrasi seolah memberi kesempatan setiap orang untuk memperoleh hak yang sama. Namun rasanya orang Indonesia kurang begitu bijak untuk menerima sistem dmokrasi. Shingga bukan prdamaian yg tcipta tapi malah ego manusia, keinginan yang tak berujung itulah yang muncul. Seandainya di Indonesia konsep keadilan ala pain bisa diterapkan mungkin Indonesia bisa lebih baik. Itu versiku tapi.
Sampai episode terakir yang tak tonton, belum ada jawaban yang jelas dari naruto untuk mematahkan argumen pain. Yang ada baru pernyataan bahwa setiap kebencian hanya akan melahirkan kebencian yang lain. Dan jika itu dibiarkan, maka rantai kebencian tak kan pernah berakhir. Maka dari itu, naruto berniat mengurungkan kebenciannya dan mendiskusikan baik2 dengan pain tentang makna dari perdamaian itu sendiri. Dan sayangnya hasilnya sekarang belum keluar, msh menunggu episod berikujnya

0 comments:

Post a Comment