Thursday 2 April 2009

Cerdas VS Pandai


Tadi waktu di sekertariat BEM, temen-temen pada ribut-ribut berdebat apasih bedanya cerdas dengan pandai???

Ada yang bilang kalau cerdas itu sudah pasti pandai, namun kalau pandai itu belum tentu cerdas.

Jadi orang yang cerdas itu sudah bisa sejak lahir, meskipun tidak belajar sudah bisa. Sambungnya.

Lalu akupun membantah karena aku rasa bukan seperti itu sebenernya pengertian cerdas dan pandai itu. Kalau menurutku Cerdas dan pandai itu suatu takaran yang berbeda, Orang yang cerdas belum pasti pandai dan orang yang pandai juga belum tentu cerdas. Namun orang yang cerdas lebih berpotensi untuk menjadi orang yang pandai.

Jadi kalau menurutku orang yang cerdas itu adalah orang yang dianugerahi oleh yang maha kuasa kelebihan dalam berfikir bisa lebih cepat dari pada orang-orang pada umumnya. Sedangkan orang yang pandai adalah orang yang menguasai dengan bai suatu bidang tertentu. Jadi orang yang cerdas kalaupun malas juga tidak akan menjadi pandai, orang yang tidak cerdaspun kalau mau tekun belajar tentunya bakalan menjadi pandai. Seperti itulah kronologinya. Dan jika sama-sama sedikitnya belajarnya kemungkinan besar yang cerdas akan lebih pandai dari pada yang kurang cerdas. Karena memang dia punya kecepatan berfikir yang lebih dari pada orang-orang pada umumnya. Dan meski cerdaspun jika tidak belajar juga bakalan jadi bodoh. Itu menurut pendapat aku.

Namun rasanya kurang dasarnya kalau hanya dari pendapat saja, ini sedang tak coba untuk mencari sumber artikel di tempat lain. Kalau dari wikipedia bahasa Indonesia cerdas itu artinya

0 comments:

Post a Comment